Contoh ESSAY "RENCANA STUDI" Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)

Hola Scholarship Hunters.......


RENCANA STUDI


Ada sebuah ungkapan yang berkata “manusia bisa berencana, Tuhan yang menentukan”, merupakan ungkapan pasrah  yang selalu terdengar ketika seseorang memberikan alasan dari sebuah kegagalan sebuah rencana yang sudah dilakukan. Dari ungkapan di atas, banyak yang akan berpikir bahwa Tuhan yang menggagalkan rencana yang manusia buat, padahal yang menggagalkan sebuah rencana adalah ketidaksiapan rencana itu sendiri.  Ada banyak hal yang dapat dipelajari dari sebuah rencana, salah satunya adalah kesiapan yang sama halnya dengan ilustrasi di atas, yaitu rencana dibuat untuk memperjelas sebuah proses dan langkah-langkah yang akan ditempuh dalam melakukan sesuatu.
Indonesia dikenal dengan negara yang kaya akan kebudayaannya, atau warisan-warisan budaya yang ditinggalkan oleh para leluhur, seperti batik yang merupakan salah satu kebudayaan berwujud kebanggakan Indonesia yang seringkali menjadi pembicaraan hangat di berbagai media informasi karena akan dipatenkan oleh negara lain yang mengakui bahwa batik merupakan milik mereka. Melalui fakta yang kita ketahui di atas, kita bisa menganalisis di mana letak kekalahan negara kita Indonesia yang kita cintai ini. Mungkin analoginya seperti “si paku dan si palu”, si paku akan bergerak jika ditimpa si palu. Apakah kita seperti itu? Mungkin yah, mungkin juga tidak tergantung cara pandang kita masing-masing. Mari kita bertanya lagi, masih pedulikah masyarakat Indonesia dengan kebudayaannya? Bisa dilihat bagaimana setiap tahunnya peminat studi kebudayaan sangat sedikit dibandingkan dengan peminat studi kedokteran, ekonomi atau hukum. Mungkinkah studi kebudayaan tidak memberikan peran yang besar bagi Indonesia? Ataukah studi kebudayaan tidak akan menjadikan seorang yang berjasa dan bisa terkenal seperti para lulusan studi yang lain?.
Pertanyaan-pertanyaan sebelumnya merupakan pertanyaan yang bisa kita jawab dalam hati kita masing-masing karena pertanyaan yang tepat untuk menanggapi permasalahan tentang kebudayaan di Indonesia adalah sudah banyakkah peneliti kebudayaan di Indonesia? Pentingkah meneliti kebudayaan Indonesia? Apa saja dan berapa banyak kebudayaan di Indonesia yang luas ini? Apakah kebudayaan-kebudayaan tersebut sudah dipatenkan?
University of Amsterdam di Belanda dengan program studi Arts and Culture – Research Master’s in Cultural Analysis adalah Universitas dan program studi yang saya ajukan kepada LPDP. Program studi tersebut bertujuan untuk menganilisis fenomena-fenomena kebudayaan secara luas. Dasar ilmu sastra inggris di Fakultas Ilmu Budaya di Universitas Sam Ratulangi sudah bisa menjadi modal saya untuk terus mempelajari dan meningkatkan pemahaman saya tentang ilmu kebudayaan di Universitas Amsterdam dengan program studi analisis kebudayaan. Menjadi seorang peneliti kebudayaan di Indonesia merupakan impian saya yang pula membawa peran terhadap Indonesia dengan meneliti, menemukan, melestarikan, dan menyosialisasikan kebudayaan Indonesia kepada seluruh masyarakat dunia. Sehubungan dengan kebudayaan Indonesia yang mencerminkan identitas negara kita adalah merupakan nilai tambah yang dimana membuat Indonesia semakin unik dengan beragam kebudayaan yang diketahui oleh dunia, dan secara langsung hal tersebut membawa peningkatan terhadap ekonomi Indonesia, karena apabila kebudayaan-kebudayaan tersebut terus diteliti, dipelihara dan dilestarikan serta selalu dipublikasikan, makan harga nilai untuk dijadikan tempat periwisata semakin meningkat, maka buhan hanya bali ataupun bunaken yang menjadi nilai jual negara Indonesia di mata dunia, namun kebudayaan-kebudayaannya yang unik dan menarik di setiap wilayah seluruh Indonesia ini.
Adapun, proses perkuliahan dengan program studi yang sudah dijelaskan sebelumnya berdurasi 2 tahun lamanya dengan bentuk studi full time. Pada setiap semesternya, mahasiswa dapat mengontrak paling banyak 30 sks dan saya akan mengontrak sejumlah tersebut. Semester pertama di tahun pertama, sudah diprogramkan untuk mahasiswa akan diajarkan objects of cultural analysis (12 sks) sebagai mata kuliah wajib, di samping itu ada kelas pilihan (elective) 12 sks  yang dimana saya memilih Comparative and Cultural Analysis, dan pada kelas tambahan (tutorial) 6 sks, saya memilih Culture Interpretation and critique: The Poetic of Race and Racism. Pada semester 2, mata kuliah wajib yang diajarkan adalah Concepts of Cultural Analysis (12 sks), kemudian sama halnya dengan semester pertama, pada kelas (electives) saya akan mempelajari Comparative Literature and Translation Studies (12 sks) dan pada kelas tambahan (tutotial)  yaitu Sosiolinguistic (6 sks).
Pada tahun kedua, diawali dengan Research Seminar Cultural Analysis (12 sks), serta pada kelas pilihan (elective) dan kelas tambahan (tutorial), masing-masing saya akan mempelajari Translation and Adaptation (12 sks) dan European Cultural Policy (6 sks). Pada semester terakhir, sesuai yang telah diprogramkan oleh universitas, mahasiswa proyek akhir yaitu Research Project Cultural Analysis (12 sks) dan Research MA Thesis Cultural Analysis (18 sks). Pada proyek akhir tesis tersebut, saya akan mengkaji kebudayaan daerah perbatasan Indonesia yaitu daerah Talaud, dan judul yang direncanakan untuk diajukan adalah “Analisis Kebudayaan Tak Benda Daerah Perbatasan Indonesia di Talaud dan Fungsinya dalam Menggambarkan Identitas Masyarakatnya”. 
Selama 2 tahun perkuliahan di Universitas Amsterdam di Belanda, secara sadar studi kebudayaan pun sebenarnya sudah dijalani mulai dari cara beradaptasi dengan kebudayaan baru di tempat tersebut. Adapun aktivitas luar studi yang saya akan lakukan adalah mempelajari bahasa Belanda sebagai bukti keberhasilan studi kebudayaan tak berwujud dari negara tersebut. Di samping itu, saya adalah seorang yang gemar bernyanyi, sehingga klub musik adalah aktivitas lain yang akan lakukan sebagai awal adaptasi di tempat yang baru tersebut.  
 

Comments

  1. "you have to write your essay with your heart in"

    best key i got here

    #inspired

    ReplyDelete
  2. Hi,
    thanks for sharing.. :)
    so now, you are studying Cultural Analysis in University of Amsterdam, Netherland? good luck..

    ReplyDelete
    Replies
    1. y're wlcme, Siska.

      well, i am still doing my pre-departure program in Malang. Hopefully, i can smoothly finish this program and continue my study this year as well. :)

      Delete
  3. mas alumni UNSRAT yah ? apa org manado asli ? sukses untuk studinya yah !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya UNSRAT- talaud asli.
      iya terimakasih, sukses juga.

      Delete
  4. It will be inspiration many people, thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. y're wlcme, Mas Slamet.

      it would be my pleasure when people are inspired by my writing!

      Delete
  5. good luck.. i wish you get the success early....

    ReplyDelete
  6. Halo Mas, akhirnya saya dapat gambaran tentang essay studi plan. Terimakasih.
    Ohya, saya mau tanya mas, mas ambil taught program atau research program? Dan sewaktu seleksi wawancara, adakah 'hal yang berbeda' yang Mas hadapi khususnya karena Mas ambil jurusan riset? Misalnya, ditanya kira-kira akan melakukan riset apa, dampaknya riset tersebut apa, dll.
    Saya sedang terpikir untuk ambil social research dan ingin mendapat gambaran sedikit hehe terimakasih mas.

    ReplyDelete
  7. mbak,saya mau tanya. Apakah setelah lolos seleksi beasiswa, pihak LPDP membiayai semua persiapan bahkan tes untuk ielts?

    ReplyDelete
  8. Thanks for this good writings. Being a motivation for all. Hehehe

    ReplyDelete
  9. Hai, thanks for writing!!!!! mencerahkan :) good luck!!!

    ReplyDelete
  10. Salam kenal kak Natanael,
    dank u well untuk sharing tulisannya. Saya baca ke tiga-nya. Tulisannya bagus sekali dan sangat membantu. Dimanapun akhirnya kakak kuliah semoga selalu diberi kelancaran. :)

    ReplyDelete
  11. thanks for sharing. so inspiring

    ReplyDelete
  12. mau juga dong contoh essai kontribusi untuk indonesia dan sukses terbesar

    ReplyDelete
  13. salam kenal kak natanael, so inspiring. kak boleh mita tips tips untuk mendaftar beasiswa LPDP
    thanks

    ReplyDelete
  14. btw rencana studi dan statement of purpose untuk tujuan beasiswa Luar Negeri harus pakai bahasa inggris kah atau bisa pakai bahasa indonesia?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lihat buku panduan terbaru di website lpdp apakah masih sama menggunakan bahasa indonesia atau sudah menggunakan bahasa inggris. terimakasih

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

UNIVERSITY OF WISCONSIN-MADISON DENGAN BEASISWA LPDP: PERJALANAN PINDAH DARI UNIVERSITY OF AMSTERDAM

Contoh ESSAY "KONTRIBUSIKU BAGI INDONESIA" - Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)

BEASISWA LPDP: PB UNIVERSITAS NEGERI MALANG DAN PB UIN SUNAN KALIJAGA, YOGYAKARTA