BEASISWA LPDP: PB UNIVERSITAS NEGERI MALANG DAN PB UIN SUNAN KALIJAGA, YOGYAKARTA

Hola Scholarship Hunters,

Narasi berikut adalah rewritten version dari draft yang pernah saya tulis pada Rabu, 11 Juli 2018, dan baru bisa dipoles serta di unggah pada bulan April 2024. Sudah bertahun-tahun hanya menjadi draft 4 paragraf saja, tersimpan rapi dan seperti hibernasi. Ternyata butuh waktu begitu lamanya untuk bisa kembali membayangkan ‘perjuangan’ masa lalu, dan menuangkannya dalam tulisan yang kiranya dapat dibagikan dengan harapan bisa bermanfaat kepada relevant readers, seperti para Scholarship Hunters, yang kemungkinan pernah atau sedang mengalami tantangan yang serupa.

Walaupun akan sedikit blurry dan tidak detail, saya akan berusaha mengilustrasikan pengalaman saya beserta rekan-rekan seperjuangan dalam Pengayaan Bahasa (PB) Universitas Negeri Malang, dan ‘Extension’ PB UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Pelaksanaan PB yang memang dikhususkan untuk penerima Beasiswa Afirmasi LPDP sudah ditunggu oleh para Awardee yang dinyatakan lulus pada 8 September 2015. Masih ingat betul, Email, grup Line, grup WA yang ramai dengan para awardee yang sudah begitu tidak sabar untuk menuju ke pembagian wilayah pelaksanaan PB masing-masing.  

 

PB Universitas Negeri Malang (30 Nov 2015 - 27 Mei 2016)

Para pejuang mimpi program PB UM 2015-2016, bagaimana kabarnya? Di tengah kesibukan kalian, semoga bisa menemukan dan menyempatkan membaca tulisan ini. Kalian adalah pejuang dan bukti dari perjuangan itu, dan saya bangga mengenal dan sudah bersama-sama dengan kalian berjuang menggapai mimpi kita masing-masing.


BEASISWA LPDP: PB UNIVERSITAS NEGERI MALANG


Program PB yang difasilitasi beasiswa LPDP di Universitas Negeri Malang menjadi milestone dari perjalanan akademis saya dan rekan-rekan seperjuangan. Wajah ceria dan penuh dengan harapan yang menyala pun kian terlihat redup seraya dengan semakin sedikitnya waktu yang kami miliki. Test demi test kami lalui, pun masih belum sesuai dengan yang diharapkan. Dalam beberapa kesempatan pun ikut bahagia dengan beberapa rekan yang sudah lebih dahulu memenuhi syarat minimal universitas tujuan. Namun tak lama, harus kembali suram dengan kemajuan diri yang masih belum signifikan.

Rasa cemas, kuatir mungkin terasa sulit diungkapkan, namun tidak dapat disembunyikan dari wajah-wajah mereka. Namun di sinilah jawaban kenapa kita harus dikelilingi dengan mereka yang memiliki tujuan yang sama, karena dengan melihat rekan kita yang begitu gigihnya, kita tak punya waktu untuk melihat perbadingan, tetapi kita berfokus pada kesetaraan. Tidak pernah sekalipun terdengar bahasan di siapa yang lebih baik.... namun hanyalah permintaan cangung, apakah kamu bisa membantu saya?.

Hingga hari penutupan PB Universitas Negeri Malang, tersisa sebagian dari kami yang masih belum memenuhi persyaratan universitas tujuan awal (sesuai dengan SK lulus beasiswa LPDP). Wacana-wacana pindah universitas tujuan pun sudah menjadi topik diskusi saat-saat terakhir kami di Malang. Beberapa rekan pun sudah mulai mendaftar pada universitas berbeda dengan harapan pengajuan perpindahan bisa disetujui oleh pihak LPDP. Adapun kisah usaha saya untuk mendapatkan universitas tujuan yang baru dan pengajuan perpindahan tujuan studi dapat dibaca pada: UNIVERSITY OF WISCONSIN-MADISON DENGAN BEASISWA LPDP: PERJALANAN PINDAH DARI UNIVERSITY OF AMSTERDAM

Sejujurnya saya tidak jelas mengingat kapan adanya wacana PB lanjutan, apakah diumumkan pada saat penutupan program atau melalui e-mail?. Yang pasti, sangat berterimakasih kepada LPDP dan kebijakan saat itu yang mengimplementasi program PB lanjutan, karena kebijakan itu kembali memupuk harapan banyak awardees yang masih berjuang dengan mimpi masing-masing. Berterima kasih pula kepada staf pengajar/tutor PB Malang yang sedah membimbing dan menjadi bagian dari perjuangan para awardee. Setidaknya, saat kembali ke kampung halaman, disamping terus mencari universitas yang baru, kami masih memiliki harapan untuk mengembangkan diri dan mendapatkan dukungan yang tidak berbeda dari sebelumnya.

Dari sinilah saya dan rekan-rekan PB Malang terpisah, dan kemudian dipertemukan dengan rekan-rekan seperjuangan di PB UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, yang dulunya pun ditempatkan di PB awal dengan universitas pelaksana yang berbeda.

  

PB “Lanjutan” Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta

Berharap namun cemas menunggu PB lanjutan. Kurang lebih 5 bulan sejak berakhirnya PB Malang, program PB lanjutan pun diumumkan. Dalam pembagian, saya ditempatkan di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Bersama dengan beberapa rekan PB Malang yang juga ditempatkan di PB UIN, kita pun janjian untuk berjuang bersama lagi di program PB lanjutan dengan lama 3 bulan. Walaupun beberapa rekan PB Malang yang di tempatkan di PB yang diselenggarakan pihak universitas di kota lain seperti Jakarta dan Bandung, kita tetap saling berkabar dan tentu saja meng-support serta mendoakan.   


Beasiswa LPDP PB UIN SUNAN KALIJAGA, YOGYAKARTA

Dengan durasi yang lebih singkat, yaitu 3 bulan, saya dan rekan-rekan pun mengokohkan hati, melapangkan dada dan terus bersabar dan tiada henti berusaha mendapatkan universitas tujuan, baik yang masih sama atau pun berbeda dengan sebelumnya. Banyak dari rekan lainnya sudah menemukan titik terang dari kian lamanya masa suram perjuangan yang panjang. Sama hal-nya dengan saya, di mana saya pun mendapatkan universitas tujuan yang baru dan berbagai kemudahan untuk tiap proses admission-nya. Walaupun sudah tidak bisa saya sebutkan satu per satu, para pejuang mimpi PB lanjutan adalah orang-orang yang tidak bisa saya lupakan, walaupun mungkin wajah akan sulit dikenali, tetapi shared hopes and dreams rekan-rekan semua akan selalu saya ingat dan akan saya bagikan untuk menjadi motivasi kapada genarasi pejuang mimpi selanjutnya.

Ucapan terima kasih dan apresiasi kepada para staf pengajar/tutor di pusat bahasa UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta yang telah memfasilitasi dan mendukung mimpi para awardee.

Comments

Popular posts from this blog

UNIVERSITY OF WISCONSIN-MADISON DENGAN BEASISWA LPDP: PERJALANAN PINDAH DARI UNIVERSITY OF AMSTERDAM

Contoh ESSAY "KONTRIBUSIKU BAGI INDONESIA" - Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)